Bisa Jadi Cara Sikat Gigimu Keliru

Article | 2020-03-29 01:37:20

Home » Articles » Bisa Jadi Cara Sikat Gigimu Keliru

Bisa Jadi Cara Sikat Gigimu Keliru


Senyum menawan adalah salah satu daya tarik seseorang. Tapi apa yang bisa membuat rusak gigimu? Yaitu kebiasaan buruk. Dan tahukah kamu bahwa kebanyakan orang tidak merawata gigi mereka dengan benar.

Menjaga gigimu dalam kondisi terbaik memerlukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Meski demikian, kebersihan dan kesehatan gigi dimulai dari rumah. Menyikat gigi dengan cara yang benar sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi yang sering sekali kita temui sehari-hari.

  1. Bulu sikat kurang lembut

Bulu sikat gigi yang keras bukan berarti lebih mampu membersihkan dengan sempurna dan dengan cepat. Jika bulu sikat terlalu keras, justru akan menyebabkan pengikisan email gigi dan melukai gusi. Pilihlah bulu sikat yang lembut atau ekstra lembut, hal ini juga akan menjamin bulu sikatnya mampu masuk ke calah-celah kecil pada gigi.

  1. Salah ukuran 

Sering terjadi pada anak-anak yang memakai ukuran sikat gigi yang terlalu besar atau bahkan memakai sikat gigi milik orang tuanya. Ukuran sikat gigi harus mampu menjamin penyikatan di gigi paling belakang dan di seluruh permukaan gigi.


  1. Salah waktu

Waktu terbaik dalam menyikat gigi adalah malah hari sebelum tidur, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri selama tidur. Dan jangan lupa ketika pagi hari setelah sarapan pagi, bukan sebelum sarapan.


  1. Pasta gigi kurang atau justru terlalu banyak

Penggunaan pasta gigi ber-fluoride memang bisa mencegah gigi berlubang, tapi tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Iritpun jangan, karena efeknya tidak akan optimal. Sesuaikan dengan aturan pakai di setiap kemasan. Apalagi aturan pakai untuk anak-anak.


  1. Kamu menyikat terlalu keras

Menyikat terlalu keras bukan berarti membuat gigi lebih bersih. Plak gigi cukup lunak untuk bisa dibersihkan dengan tekanan penyikatan yang ringan. Jika terlalu keras, justru akan membahayakan gusi dan membuat email terkikis.


  1. Memegang sikat gigi dengan terlalu keras

Caramu memegang sikat gigi yang terlalu keras sebanding dengan tekanan sikat gigi pada waktu kamu menyikat gigi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tekanan yang terlalu besar ini akan membuat email terkikis dan melukai gusi.

  1. Memegang sikat gigi dengan arah yang salah

Posisikan bulu sikat hingga membentuk sudut 45 derajat mengarah ke garis batas tepi gusi. Hal ini akan memastikan leher gigi yang terletak di area batas gusi akan tersikat dengan maksimal.

  1. Kamu tidak memperhatikan yang kamu kerjakan

Alangkah lebih baiknya jika kamu menyikat gigi dengan bercermin agar lebih terarah dan bisa lebih fokus untuk area-area yang sulit terjangkau. Adanya perubahan gejala atau tanda kerusakan gigi dan penyakit gusi juga akan lebih terpantau jika setiap hari melakukan kebiasaan bercermin untuk gigi. 

  1. Durasi kurang lama

Waktu yang direkomendasikan untuk menyikat gigi adalah 2 menit. Beberapa sikat gigi elektrik memiliki fitur penanda waktu. Jika menggunakan sikat gigi manual, coba bagi menjadi 4 bagian dan sikat gigi masing-masing bagian selama 30 detik.

  1. Melewatkan sikat gigi malam sebelum tidur

Banyak orang melewatkan aktifitas menyikat ggi menjelang tidur. Karena lalai, lupa atau karena terbiasa menyikat gigi ketika mandi sore. Padahal menyikat gigi malam hari sebelum tidur mampu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi selama kamu tidur. Jika tidak dilakukan, sisa kamanan makan malam dan cemilan-cemilan akan menjadi media tumbuh yang baik untuk bakteri ini sepanjang malam.

  1. Melupakan menyikat lidah

Menyikat lidah mampu menghilangkan 70% dari bau mulut. Hal ini diakibatkan karena lidah adalah sarang bakteri yang mencerna endapan-endapan sisa makanan yang menempel di lidah.

  1. Melupakan gusi

Gusi yang paling rentan adalah gusi yang berada di area sela-sela antar gigi. Sisa makanan sering berkumpul di tempat ini. Lakukan penyikatan gigi dengan gerakan vertikal dari gusi ke gigi agar sisa makanan di sela-sela ini bisa tersikat dengan maksimal.

  1. Tidak melakukan flossing

Menyikat gigi ternyata tidak mampu membersihkan seluruh permukaan gigi apalagi di area sela-sela antar gigi yang sulit sekali ditembus oleh bulu sikat. Untuk menyempurnakan proses pembersihan ini, biasakanlah untuk melakukan pembersihan celah gigi dengan menggunakan benag gigi atau dental floss.

  1. Sikat gigimu terlalu lama dipakai

Bulu sikat gigi memiliki usia. Jika sudah terlalu lama digunakan, bulu sikatnya akan mekar, rusak dan aus. Dengan demikian, bulu sikat sudah tidak mampu lagi menjangkau bagian-bagian gigi sesuai dengan fungsinya. Bahkan dengan bulu sikat yang mekar, justru membuat gusi terluka. Bulu sikat gigi juga kan menjadi sarang bakteri yang semakin terakumulasi. Maka, direkomndasikan untuk mengganti sikat gigi secara teratur kira-kira setiap 3-4 bulan sekali.

  1. Membersihkan sikat gigi dengan disinfektan

Sikat gigi tidak perlu dicuci dengan larutan pembersih atau desinfektan karena justru akan membuatnya cepat rusak. Cara terbaik membersihkan sikat gigi adalah cukup membilas dengan menggunakan air mengalir kemudian tempatkan sikat gigi tersebut di tempat yang kering dan tidak lembab.

  1. Selalu menggunakan penutup kepala sikat gigi

Masih selalu memakaiakan penutup kepala sikat gigi? Hal ini sangat tidak dianjurkan kecuali hanya dipakai sebagai pelindung dalam perjalanan. Jika hanya dipakai di rumah, penempatan sikat gigi tidak perlu menggunakan penutup kepala sikat giginya karena hal ini justru akan membuat kepala sikat gigi dalam kondisi selalu lembab. Bakteri akan lebih banyak tumbuh pad kondisi tersebut.

  1. Memakai sikat gigi milik orang lain

Memakai sikat gigi milik orang lain akan menyebabkan terjadinya risiko penularan infeksi. Kebiasaan ini sering dilakukan terutama untuk anaknya yang belum memiliki sikat gigi nya sendiri.


Sumber:

  1. https://www.realmenrealstyle.com/teeth-brushing-mistakes/

  2. https://www.allendental.net/10-brushing-mistakes-and-how-to-fix-them/

  3. https://britedental.com.au/the-top-10-tooth-brushing-mistakes-you-probably-make-every-day

  4. https://www.self.com/story/ways-brushing-your-teeth-wrong

  5. https://www.webmd.com/oral-health/features/brushing-teeth-mistakes#1