Mencegah Stress Selama Pandemi Covid-19

Article | 2020-04-27 06:27:12

Home » Articles » Mencegah Stress Selama Pandemi Covid-19

Mencegah Stress Selama Pandemi Covid-19



Selama pandemi COVID-19, baik dewasa, remaja dan bahkan anak-anak, bisa mengalami stres. Stres adalah reaksi terhadap situasi ketika seseorang merasa terancam atau khawatir. Stres bisa saja positif (misalnya dalam menghadapi pernikahan) atau negatif (menghadapi bencana alam). Mempelajari cara yang sehat dalam menghadapi dan mendapatkan perawatan serta dukungan yang tepat dapat mengurangi perasaan stres dan gejalanya.

Setelah mengalami kejadian yang traumatis, seseorang bisa memiliki reaksi yang kuat dan bertahan lama. Gejalanya bisa tampak secara fisik atau emosional. Reaksi umum terhadap kejadian yang menyebabkan stres bisa meliputi:

  • Tidak percaya, terkejut dan mati rasa.

  • Perasaan sedih, frustrasi dan tak berdaya.

  • Sulit berkonsentrasi dan sulit membuat keputusan.

  • Sakit kepala, sakit punggung dan malah perut.

  • Merokok atau menggunakan alkohol tau narkoba.

Cara Sehat untuk Mengatasi Stres

Merasa emosional dan gugup atau kesulitan tidur dan makan semua bisa menjadi reaksi normal terhadap stres. Berikut ini beberapa cara sehat untuk mengatasi stres:

  • Normal jikka Anda merasa sedih, stres, bingung, takut atau marah selama pandemi COVID-19. Berbicara dengan orang yang Anda percaya dapat membantu. Hubungi teman dan keluarga Anda.

  • Jika Anda harus tinggal di rumah, pertahankan gaya hidup sehat - termasuk diet yang tepat, tidur, olahraga, dan kontak sosial dengan orang-orang terkasih di rumah atau bisa melalui email atau telepon untuk berbicara dengan keluarga dan teman-teman lain.

  • Jangan gunakan rokok, alkohol, atau obat-obatan lain untuk mengatasi emosi Anda. Jika Anda merasa kewalahan, bicarakan dengan petugas kesehatan atau konselor. Buat rencana, ke mana harus pergi dan bagaimana mencari bantuan untuk kebutuhan kesehatan fisik dan mental jika diperlukan.

  • Dapatkan faktanya. Kumpulkan informasi yang akan membantu Anda menentukan risiko secara akurat sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar. Temukan sumber yang dapat dipercaya yang dapat Anda percayai seperti situs web WHO atau, badan kesehatan publik setempat atau negara bagian.

  • Batasi kekhawatiran dan agitasi dengan mengurangi waktu yang Anda dan keluarga Anda habiskan untuk menonton atau mendengarkan liputan media yang Anda anggap menjengkelkan.

  • Manfaatkan keterampilan yang telah Anda gunakan di masa lalu yang telah membantu Anda mengelola kesulitan hidup sebelumnya dan menggunakan keterampilan itu untuk membantu Anda mengelola emosi selama waktu pandemi wabah ini.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.


Sumber:

  1. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/coping-with-stress.pdf?sfvrsn=9845bc3a_8

  2. https://www.cdc.gov/violenceprevention/suicide/copingwith-stresstips.html