Bleaching: Membuat Gigi Seputih Artis

Article | 2020-05-12 04:42:10

Home » Articles » Bleaching: Membuat Gigi Seputih Artis

Bleaching: Membuat Gigi Seputih Artis



Apa itu pemutihan gigi?

Pemutihan gigi adalah cara yang sangat efektif untuk memutihkan warna alami gigi Anda tanpa menghilangkan lapisan gigi.

Mengapa gigi saya perlu diputihkan?

Ada beberapa alasan mengapa gigi Anda perlu memutihkan gigi. Setiap orang itu unik; dan warna rambut dan kulit kita berbeda-beda, demikian pula gigi kita. Sangat sedikit orang yang memiliki gigi benar-benar putih cemerlang, dan warna gigi kita juga bisa berubah warna seiring bertambahnya usia.

Permukaan gigi Anda juga bisa terkena noda makanan dan minuman seperti teh, kopi, anggur merah dan makanan atau minuman lain yang memiliki zat pewarna kuat. Merokokpun juga bisa menodai gigi. Noda di gigi jenis ini disebut noda ekstrinsik.

Kalkulus atau karang gigi juga dapat memengaruhi warna gigi Anda. Beberapa orang mungkin memiliki noda di lapisan dalam gigi (intrinsik), yang dapat disebabkan oleh antibiotik tertentu atau oleh retakan kecil pada gigi yang menyerap noda warna.


Bagaimana prosedur pemutihan gigi?

Pemutihan gigi yang dilakukan oleh profesional adalah metode pemutihan gigi yang paling umum. Dokter gigi Anda akan dapat memberi tahu Anda apakah Anda cocok untuk diberikan perawatan pemutihan gigi ini atau tidak. Jika cocok, perawatan akan dilakukan dibawah pengawasan profesional dokter gigi.

Ada dua jenis bleaching gigi berdasarkan lokasi pengerjaannya, yakni:

  1. Bleaching in office, yaitu bleaching gigi yang dilakukan di klinik dokter gigi. Waktu pengerjaannya cukup singkat, yakni hanya sekitar dua jam. Dalam prosesnya, gusi pasien akan ditutup terlebih dahulu dengan bahan pelindung sebelum bahan pemutih diaplikasikan pada gigi. Perawatan bleaching in office biasanya diikuti oleh perawatan home bleaching untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

  2. Home bleaching adalah pemutihan gigi yang dilakukan di rumah pasien. Dokter gigi akan melakukan pencetakan gigi, kemudian menaruh zat pemutih pada cetakan gigi tersebut. Setelah itu, cetakan dipasang pada gigi dengan aturan pakai sesuai petunjuk dokter gigi.

Bahan aktif pemutihan gigi biasanya hidrogen peroksida atau karbamid peroksida. Saat bahan aktif dipecah, oksigen masuk ke email gigi dan warna gigi menjadi lebih terang.


Berapa biaya pemutihan gigi?

Biaya akan bervariasi dari satu klinik dengan klinik lainnya dan dari satu kota dengan kota lain lain. Pemutihan gigi yang menggunakan sinar akan lebih mahal daripada pemutihan tanpa sinar. Kami menyarankan Anda menanyakan perkiraan biaya langsung ke dokter gigi yang merawat Anda sebelum Anda memulai perawatan apa pun.


Berapa lama gigi saya akan lebih putih?

Efek pemutihan diperkirakan berlangsung beberapa bulan hingga beberapa tahun. Namun, ini akan berbeda dari orang yang satu dengan orang yang lain. Efeknya cenderung bertahan selama Anda tidak merokok, atau tidak makan atau minum produk yang dapat menodai gigi Anda. Mintalah pendapat dokter gigi Anda sebelum Anda memulai perawatan.


Apa efek sampingnya?

Beberapa orang mungkin mendapati gigi mereka menjadi peka terhadap dingin selama atau setelah perawatan. Orang lain mungkin mengalami ketidaknyamanan pada gusi, sakit tenggorokan atau bercak putih pada garis gusi. Gejala-gejala ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa hari setelah perawatan selesai.

Jika salah satu dari efek samping ini berlanjut, Anda harus pergi ke dokter gigi.


Bagaimana alat atau bahan pemutihan gigi yang dijual bebas?

Seberapa efektif ini tergantung pada jumlah zat pemutih yang dikandungnya. Untuk keamanannya, pastikan Anda membeli produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Tetapi Anda harus berhati-hati karena beberapa kit yang dijual melalui internet mungkin mengandung asam dan mampu mengikis permukaan gigi.

Produk pemutih yang dijual bebas memang lebih murah tetapi tidak selalu dinilai aman dan cenderung lebih asam. Jadi ada kemungkinan produk ini bisa merusak gigi dan gusi Anda. Karena pemutihan gigi adalah prosedur yang rumit, kami sarankan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum memulai perawatan.


Seberapa amankah pemutihan gigi di salon kecantikan?

Di Eropa dan di beberapa negara lain, pemutihan gigi hanya dapat dilakukan secara legal oleh dokter gigi. Jadi pemutihan gigi dilakukan ahli kecantikan dan salon pemutih adalah ilegal. Di Eropa, ilegal memasok bahan pemutih yang mengandung lebih dari 0,1% peroksida (atau setara dengan karbamid peroksida) kepada siapa pun selain dokter gigi, atau langsung ke publik.

Di Indonesia sendiri ada Undang-Undang Praktik Kedokteran yang menyatakan bahwa ilegal melakukan praktik dengan metode dan bahan yang menyerupai dokter atau dokter gigi. Sedangkan bahan pemutih gigi ini, terutama untuk yang berjenis in office bleaching, termasuk bahan keras yang hanya boleh daplikasikan oleh dokter gigi karena efek sampingnya terhadap kerusakan gigi begitu besar jika tidak dilakukan di bawah profesional.


Bagaimana dengan pasta gigi pemutih?

Ada beberapa pasta gigi pemutih di pasaran. Meskipun tidak mengubah warna alami gigi Anda, bahan ini mungkin efektif menghilangkan noda. Karena itu, bahan ini dapat meningkatkan kebersihan gigi Anda. Pasta gigi pemutih juga dapat membantu efek pemutihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi bertahan lebih lama.


Bisakah satu gigi yang telah diisi akar diputihkan?

Ya, bisa. Terkadang gigi mati akan berubah warna setelah pengisian saluran akar pada proses perawatan saluran akar (endodontik). Jika gigi telah dirawat akar, saluran (yang berisi saraf) dapat dibuka kembali. Prodsedur pemutihan gigi dilakukan dengan menaruh bahan pemutih di dalam gigi. Prosedur ini disebut intracoronal bleaching.


Kapan pemutihan gigi tidak berhasil?

Pemutihan gigi hanya bisa membuat cerah warna gigi Anda yang sudah ada dan tentu saja hanya bekerja pada gigi asli. Pemutihan ini tidak akan bekerja pada semua jenis gigi 'palsu' seperti gigi palsu, mahkota dan pelapis gigi.

Jika gigi palsu Anda bernoda atau berubah warna, kunjungi dokter gigi Anda dan minta dibersihkan.


Bagaimana saya bisa merawat gigi saya setelah diputihkan?

Anda dapat membantu menjaga gigi tetap putih dengan mengurangi jumlah makanan dan minuman yang Anda miliki yang dapat menodai gigi. Jangan lupa, berhenti merokok juga bisa membantu mencegah perubahan warna dan pewarnaan.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.


Sumber:

https://www.konsula.com/blog/bleaching-alias-pemutihan-gigi-perlukah/

https://www.dentalhealth.org/tooth-whitening